Bayah Dome Diharapkan Masuk Geopark Nasional

Bayah Dome Diharapkan Masuk Geopark Nasional

Pj Bupati Lebak Iwan Kurniawan bersama Plh Sekda Banten Virgojanti hadir dalam acara FGD Penetapan Geopark Bayah Dome di Aula Multatuli Setda Lebak, Selasa (2/7/2024).--

TANGERANGEKSPRES.ID - Pj Bupati Lebak Iwan Kurniawan hadiri Focus Group Discussion (FGD) Penetapan Geopark Bayah Dome sebagai Geopark Nasional bertempat di Aula Multatuli Setda Lebak pada hari Selasa (2/7/2024). 

Terdapat 3 tujuan pelaksanaan FGD Penetapan Geopark Nasional yaitu menyampaikan hasil Verifikasi Teknis (verifikasi dokumen dan penilaian lapangan), menyamakan persepsi dengan para pemangku kepentingan dan meningkatkan peran pemangku kepentingan. 

"Melalui FGD ini, Kami berharap agar Penetapan Geopark Bayah Dome Sebagai Geopark Nasional melalui Surat Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI dapat segera disetujui pada Tahun 2024," kata Iwan, dalam sambutannya.

Lanjut Iwan, sesuai arahan kebijakan pembangunan di Kabupaten Lebak yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Lebak Tahun 2019-2024, dimana puncak terwujudnya Visi Kabupaten Lebak sebagai Destinasi Wisata Unggulan Nasional Berbasis Potensi Lokal dicapai dengan ditetapkannya Geopark Bayah Dome menjadi Geopark Nasional. 

"Penetapan Geopark Bayah Dome ini merupakan cita-cita kita bersama guna mewujudkan destinasi wisata unggulan Nasional dan memberi dampak perekonomian masyarakat," paparnya.

Iwan bersyukur penerapan Bayah Dome kini memasuki tahap FGD verifikasi untuk masuk geopark nasional. FGD diikuti para pemangku kepentingan untuk menyamakan persepsi. 

“Mudah-mudahan apa yang disampaikan tim verifikasi untuk Bayah Dome bisa masuk geopark nasional,” ujarnya.

Dijelaskan, pihaknya bersama jajaran sudah memetakan beberapa program yang mendukung dalam rangka pelaksanaan geopark Bayah Dome menjadi geopark nasional. Di antaranya memastikan kesiapan dan komitmen 15 kecamatan. Juga kesiapan pemilik lahan di wilayah geopark Bayah Dome. 

"Mudah-mudahan FGD membawa berkah bagi Kabupaten Lebak dan membawa Geopark Bayah Dome menjadi geopark nasional,” tuturnya.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Banten, Virgojanti menyatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mendukung penetapan Geopark Bayah Dome menjadi geopark nasional sesuai dengan kewenangan yang dimiliki. Saat ini, Pemprov Banten mulai membangun infrastruktur. Diharapkan mampu memberikan dampak perekonomian wilayah sekitar kawasan geopark.

Dalam FGD itu, lanjutnya, tim verifikasi telah memberikan beberapa rekomendasi terkait bagaimana nanti upaya untuk menyempurnakan kembali terkait dengan hasil evaluasi dan menjadi bahan tindak lanjut penata kelolaan geosite yang ada di kawasan geopark.

“Apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Lebak. Tentunya ini upaya bersama dalam rangka mewujudkan geopark sebagai warisan bumi dan juga warisan dunia yang perlu kita lestarikan. Geopark pilarnya konservasi, pendidikan, dan pemberdayaan masyarakat. Kita harapkan memberikan kemanfaatan yang sebesar-besarnya bagi masyarakat,” terangnya.

Dikatakan, melalui pengembangan pariwisata, destinasi-destinasi wisata di kawasan geopark semakin hidup. Aktivitas perekonomian turunannya memberikan dampak kemajuan ekonomi wilayah sekitar kawasan geopark. 

“Mudah-mudahan bisa mendukung keberlanjutan geopark hingga ke depan,” tambahnya.

Sumber: