Diduga Akibat Puntung Rokok, Hotel BSD Terbakar

Diduga Akibat Puntung Rokok, Hotel BSD Terbakar

Petugas dari DPKP Kota Tangsel merapikan selang air setelah berhasil memadamkan api yang membakar hotel BSD.-Tri Budi/Tangerang Ekspres-

TANGERANGEKSPRES - Diduga akibat puntung rokok, hotel BSD yang berada di Ruko Golden Marid, Rawa Mekar Jaya, BSD, Serpong terbakar, Rabu (12/6/2024).

Kebakaran terjadi sekitar pukul 12.15 WIB. Api berasal dari salah satu kamar yang ada di lantai 4, yakni nomor 408. puntung rokok tersebut diduga berasal dari puntung rokok yang masih menyala milik tamu hotel yang telah check out.

Karyawan atau Housekeeping Hotel BSB, Mifta mengatakan, api berasal dari kamar nomor 408. "Di kamar yang terbakar ini awalnya ada yang menginap, terus jam 10 tamunya check out," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Rabu (12/6/2024).

Mifta menambahkan, sekitar pukul 11.00 WIB tamu tersebut kembali lagi lantaran mengaku kunci rumahnya tertinggal di kamar. Kemudian dirinya bersama tamu tersebut mengambil kunci yang tertinggal dan kuncinya ketemu.

"Tidak ada tanda-tanda atau tercium ada yang terbakar di dalam kamar saat saya mengambil kunci tapi, 1 jam kemudian ada asap memenuhi lorong yang ada di lantai 4 namun, saya posisinya ada di lantai 5," tambahnya.

Menurutnya, setelah mengetahui ada asap dirinya minta bantuan kepada sesama pegawai untuk mengambil kunci lantai 4 dan mengecek sumber asap.

"Setelah dicek satu persatu, ternyata sumber asap dari kamar 408. Kemungkinan api ini berasal dari puntung rokok tamu yang tertinggal ditempat tidur saat ambil kunci tadi. Jadi yang terbakar hanya tempat tidur di kamar 408 saja," jelasnya.

Sementara itu, Danton Carli pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Tangsel Sahroni mengatakan, pihaknya menerima laporan adanya kebakaran pukul 13.34 WIB.

"Hotel ini memiliki 5 lantai dan menggunakan 3 ruko. Yang terbakar kamar lantai 4 nomor 408. Yang terbakar kasur kata pegawai hotel," ujarnya.

Sahroni menambahkan, untuk menjinakan api pihaknya mengerahkan 5 unit damkar. Begitu tiba di TKP pihaknya langsung melakukan pemadaman dan beruntung api tidak menyambar ke kamar lain dan hanya membakar isi kamar 408 saja," tambahnya.

"Sumber api diduga dari kasur tapi, penyebabnya apa belum tahu," tutupnya. (*)

Sumber: