500 Pelaku UMKM Dilatih Jadi Wirausaha

500 Pelaku UMKM Dilatih Jadi Wirausaha

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel Bachtiar Priyambodo (berdiri) memberikan sambutan saat pelatihan wirausaha di Aula Kelurahan Ciputat.-Tri Budi/Tangerang Ekspres-

TANGERANGEKSPRES.ID - Ratusan pelaku UMKM telah dilatih menjadi wirausaha. Pelatihan tersebut dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel dan dibagi dalam beberapa kali pelatihan.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel Bachtiar Priyambodo mengatakan, tahun ini pihaknya telah melatih sekitar 500 pelaku UMKM untuk menjadi wirausaha.

"Hari ini kita melakukan pelatihan terhadap 100 pelaku UMKM untuk menjadi wirausaha di aula Kelurahan Ciputat, Ciputat, Rabu (12/6/2024).

Bachtiar menambahkan, 500 UMKM yang dilatih rata-rata adalah ucaha kecil yang bergerak dibidang kuliner, kraf dan lainnya. "Kita berharap dari 500 UMKM yang kita latih ini ada yang melanjutkan dan menerapkan ilmu yang diajarkan atau diberikan," tambahnya.

Bachtiar menjelaskan, pihaknya sekarang dalam melakukan pelatihan selalu melibatkan perguruan tinggi dan dunia usaha. Dalam pelatihan tersebut, pihaknya melibatkan nara sumber dari Universitas Multimesia Nusantara (UMN), Eccommer Shoppe dan perusahaan angkutan online Gojek.

"Pelatihan ini intinya kita ingin memberikan wawasan untuk menciptakan budaya atau wawasan kewirausahaan karena, kita ingin bukan mencari pekerjaan tapi menciptakan," jelasnya.

Menurutnya, wilayahnya merupakan kota jasa dan perdangan, sehingga diharapkan tidak hanya menciptakan tenaga kerja tapi kita juga ciptakan lapangan kerja sendiri.

"Kita ingin mengurnagi angka kemiskinan dan meningkatkan ekonomi keluarga, serta menciptkan usaha sendiri," tuturnya.

Mantan Camat Ciputat ini mengaku, berdasarkan data diwilayahnya saat ini terdapat 149.00 UMKM, yakni 147 usaha mikro dan sisanya kecil dan menengah.

"Tahun lalu kementerian sudah melakukan sensus dan total ada 93.000 UMKM di Tangsel, baik itu yang aktif dan tidak aktif," ungkapnya. (*)

Sumber: