Wabup Tanto Sidak Pelayanan Disdukcapil, Ini hasilnya

Wabup Tanto Sidak Pelayanan Disdukcapil, Ini hasilnya

Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban saat sidak pelayanan di Disdukcapil, Kemarin.-A Fadilah/Tangerang Ekspres-

TANGERANGEKSPRES.ID – Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke kantor pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pandeglang, Rabu (8/5/2024).

Setibanya di Kantor tersebut, Wabup Tanto
langsung memeriksa proses pengurusan dokumen kependudukan dan menemui masyarakat yang sedang mengurus dokumen kependudukan dan membantu petugas yang sedang melakukan pelayanan.

Dalam kesempatan Sidak tersebut, Tanto Warsono Arban mengatakan, pihaknya sengaja melakukan sidak, hal ini dilakukan untuk memastikan pelayanan berjalan optimal.

“Disdukcapil merupakan OPD pelayanan, jadi sengaja sidak ini dilakukan untuk memastikan pelayanan terhadap masyarakat dapat berjalan optimal dan prima," kata Tanto.

Menurutnya, hampir setiap hari warga Pandeglang mengurus adminduk ke Disdukcapil, jadi sudah kewajibannya sebagai aparatur memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Sebagai pelayanan masyarakat, setiap aparatur harus meningkatkan kinerja dan kedisiplinan serta profesionalisme dalam melaksanakan pekerjaan, karena hal tersebut sangat penting, agar pemberian pelayanan kepada masyarakat dapat terpenuhi dengan baik," tegasnya.

Sekretaris Disdukcapil Pandeglang, Raden Yunce Dewi mengatakan, beberapa bulan terakhir ini hampir sekitar 500 orang setiap harinya masyarakat Pandeglang mengurus adminduk ke Disdukcapil, baik mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran dan lain-lain.

“Alhamdulilah dari sekian banyaknya masyarakat yang mengurus adminduk, semuanya dapat terlayani dengan baik dan dapat optimal," tuturnya.

Ia mengungkapkan, dalam memberikan pelayanan adminduk, pihaknya menyediakan delapan loket pelayanan, selain itu, ketersediaan blanko juga aman, karena pihaknya selalu melakukan koordinasi dengan Kemendagri, jadi meskipun setiap harinya banyak warga yang ingin mengurus adminduk, pelayanan tetap on time dan profesional.

"Kita akan terus optimalkan pelayanan di Disdukcapil ini, karena kita tahu Adminduk sangat penting untuk berbagai urusan," ucapnya.(*)

Sumber: