Puluhan Murid TK Kunjungi Damkar Tangerang Selatan

Puluhan Murid TK Kunjungi Damkar Tangerang Selatan

Anak-anak dari TK Al Jannah asik mandi air saat kunjungan ke kantor DPKP Kota Tangsel.-Tri Budi/TangerangEkspres.co.id-

TANGERANGEKSPRES.ID - Puluhan siswa dari TK Al Jannah Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, mengunjungi Kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Tangsel, Rabu (24/4/2024).

Kedatangan rombongan anak TK tersebut langsung disambut oleh Wadanton Bravo pada DPKP Kota Tangsel Mamun Saran dan petugas pemadam kebakaran lainnya.

Wadanton Bravo pada DPKP Kota Tangsel Mamun Saran mengatakan, kunjungan yang berlangsung sekitar 2 jam tersebut berlangsung ceria dan penuh edukatif. "Murid TK terlihat antusias ketika diajak berkeliling melihat isi kantor dan peralatan yang dipakai," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Rabu (24/4/2024).

Mamun menambahkan, tak hanya berkeliling, pihaknya juga mempratekkan cara pemakaian peralatan yang biasanya digunakan ketika terjadi kebakaran. Mulai dari helm, sarung tangan, jaket, sepatu dan juga alat alat yang disiapkan dalam menangani kebakaran.

"Selang, nozzle, baju pemadam kebakaran, menaiki mobil pemadam juga kita kenalkan," tambahnya.

Menurutnya, hampir setiap hari pihaknya menerima kunjungan dari TK maupun SD yang datang ke Kantor Damkar untuk mempelajari dan mengetahui profesi petugas pemadam kebakaran. Mereka juga belajar bagaimana cara petugas memadamkan api.

“Hampir setiap hari ada yang datang. Dari Januari hingga sekarang sudah ada puluhan kunjungan yang kita terima, baim dari TK maupun Paud," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah TK Al Jannah, Neneng mengatakan, kunjungan tersebut sebagai bentuk pengenalan profesi petugas pemadam kebakaran, memperdalam pemahaman anak TK tentang air, pekerjaan pemadam kebakaran dan alat-alat yang digunakan.

"Ini rutin kita adakan, tujuannya biar anak-anak mengetahui profesi pemadam kebakarandan tahu bahaya kebakaran," ujarnya.

Neneng menambahkan, kunjungan tersebut dilakukan juga untuk melatih keberanian anak-anak bagaimana mereka dikenalkan cara memadamkan api menggunakan air dan alat seadanya.

"Dalam kunjungan ini anak-anak sangat antusias terutama saat mandi air," tutupnya. (*)

Sumber: