Pemkab Lebak Siapkan 2 Hektar Lahan untuk TPSA

Pemkab Lebak Siapkan 2 Hektar Lahan untuk TPSA

Petugas TPSA Dengung saat berada di tumpukan sampah yang menggunung.-Ahmad Fadilah-

TANGERANGEKSPRES.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat mempersiapkan 2 hektar lahan untuk tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) yang berlokasi di kawasan Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPSA) Dengung, Kecamatan Maja.

 

“Kita siapkan 2 hektar masih di dalam kawasan TPSA Dengung,” kata Kepala DLH Lebak Iwan Sutikno kepada Tangerang Ekspres, Minggu (4/2/2024).

 

Menurut Iwan, belum lama ini dia mendampingi Pj Bupati Lebak ke Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Kunjungan itu untuk melakukan studi tiru ke TPST Refused Derived Fuel (RDF) yang dianggap sudah berhasil dalam inovasi pengelolaan sampah.

 

Kata Iwan, kunjungan tersebut untuk mengimplementasi pengelolaan sampah yang akan dilakukan di Kabupaten Lebak dengan TPST.

 

“Jadi nanti sampah yang masuk tidak dibuang dan ditutup tanah, tapi diproses dijadikan bahan atau barang yang memiliki nilai ekonomi,” ujar Iwan.

 

Menurut dia, pemberdayaan masyarakat akan ditingkatkan dalam pengelolaan sampah melalui kelompok swadaya masyarakat (KSM). Masyarakat mengelola sampah di sumbernya, melakukan TPS 3R atau bank sampah. Ini akan mengurangi sampah yang masuk ke TPST, karena sudah terpilah sehingga mempercepat proses pengolahannya.

 

"Jadi KSM akan kita berdayakan, guna mengelola sampah di wilayah atau di lingkungannya masing-masing," ujarnya.

 

Iwan menjelaskan, dari pengelolaan sampah dengan pendekatan pola RDF, sampah akan diolah menjadi bahan yang dibutuhkan oleh pabrik semen.

 

“Termasuk pemberdayaan usaha maggot yang punya nilai jual tinggi untuk sektor perikanan,” paparnya.

 

Rohman, warga Maja mengaku hingga saat ini keterlibatan masyarakat terkait rencana pengolahan sampah ini belum dirasakan. Karena, tidak ada sosialisasi apapun terkait hal itu.

 

"Kami berharap pengelolaannya lebih profesional, sehingga tidak berdampak negatif terhadap kami sebagai warga sekitar," ucap Rohman.(*)

Sumber: