Cegah Banjir, Drainase Dipasang Gorong-Gorong

Cegah Banjir, Drainase Dipasang Gorong-Gorong

Sejumlah pekerja memasang box culvet di salah satu titik di wilayah Cipondoh, Kota Tangerang.-Abdul Ajiz-

CIBODAS - Lurah Cibodasari, Kecamatan Cibodas, Wawan Herwana meninjau pemasangan Box Culver atau gorong-gorong  yang dilakukan petugas sumber Daya Alam (SDA) Dinas PUPR Kota Tangerang di Jalan Mangga Raya RW 018, Senin (22/1/2024.

Pasalnya, pemasangan gorong-gorong tersebut sebagai langkah antisipasi terjadinya genangan air atau banjir di lingkungan RW 018 di musim penghujan.

Wawan mengatakan, wilayah RW 018 berpotensi terjadi genangan air saat musim penghujan, sehingga dilakukan pelebaran saluran air dan pemasangan Box Culvert. 

"Sebelumnya  dilakukan pengerukan sedimen atau lumpur, kemudian dilakukan lebaran saluran airnya untuk pemasangan Box Culvert untuk antisipasi Genangan dan banjir,” kata Wawan.

Dia menyebut, untuk memudahkan pekerjaan  Dinas PUPR pun menerjunkan alat berat guna memudahkan pemasangan gorong-gorong tersebut. 

Dia menambahkan, pengerjaan telah dilakukan survey dan mitigasi dimana terjadi genangan, baru titik terjadinya penyumbatan saluran air, kemudian dilakukan sosialisasi kepada warga karena ada beberapa rumah yang terisolasi.

"Masih banyak persoalan yang sama, ketika di musim hujan potensi menimbulkan genangan. Dalam pelaksanaan kita selalu bersinergi dengan instansi terkait untuk menuju akselerasi pekerjaan," pungkasnya. (*)

Sumber: