Forkopimda Lebak Kompak Bersihkan Sampah di Bantaran Sungai Ciujung

Forkopimda Lebak Kompak Bersihkan Sampah di Bantaran Sungai Ciujung

Forkopimda dan masyarakat sedang membersihkan tumpukan sampah di bantaran sungai Ciujung, Kabupaten Lebak.-Ahmad Fadilah-

TANGERANGEKSPRES.ID - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lebak melakukan bersih-bersih sampah yang berada di sepanjang bantaran Sungai Ciujung. Kegiatan bersih bersih sampah tersebut guna mencegah banjir di musim penghujan.

 

Kapolres Lebak, AKBP Suyono mengatakan, memasuki musim penghujan nanti, salah satu potensi banjir terjadi di pemukiman warga yang berada di sepanjang bantaran Sungai Ciujung. Karena itu, untuk mengantisipasinya, pemerintah daerah bersama dengan Polri dan TNI membersihkan sampah yang ada di bantaran sungai Ciujung.

 

“Kita membersihkan sampah-sampah yang ada di sepanjang kali Ciujung. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi banjir yang melanda pemukiman warga,” kata Kapolres kepada wartawan, Senin (15/1/2024).

 

Saat ini, di sepanjang Sungai Ciujung, banyak masyarakat yang membuang sampah rumah tangga ke kali. Hal itu terlihat dari banyaknya tumpukan sampah. Keberadaan sampah itu selain tidak sedap dipandang, juga membuat lingkungan sekitar menjadi kumuh, bau tak sedap, sehingga bukan tak mungkin jika musim penghujan tiba, keberadaan sampah itu menjadi penyebab banjir.

 

Untuk itu, kata Kapolres, pihaknya bersama Forkopimda dan unsur masyarakat lainnya berjibaku dan gotong royong membersihkan dan mengangkut sampah dari Sungai Ciujung. 

 

"Pembersihan sampah dilaksanakan di bantaran Sungai Ciujung dan sekitarnya, kita bersama-sama membersihkan sampah dan mengangkutnya dengan menggunakan truk sampah, apabila ada sampah yang menyumbat aliran air sungai maka kita bersihkan dengan menggunakan perahu karet," ungkapnya.

 

Asisten Daerah (Asda) 1 Bidang Pemerintahan Pemkab Lebak, Alkadri mengatakan hal yang sama. Kata dia, aksi bersih-bersih sampah ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya banjir di musim penghujan, apalagi Sungai Ciujung ini setiap musim penghujan berpotensi banjir.

 

“Hujan yang turun setiap hari berpotensi membuat air di kali Ciujung meluap. Terlebih lagi keberadaan sampah di sepanjang sungai dapat memperburuk keadaan, makanya kita berinisiatif untuk membersihkan sampah yang berada dipinggir kali,” ucapnya. (*)

Sumber: