Dinkop UKM Banten Targetkan 400 Koperasi Bankable

Dinkop UKM Banten Targetkan 400 Koperasi Bankable

Kepala Dinkop UKM Provinsi Banten, Agus Mintono saat diwawancara di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, belum lama ini. -Syirojul Umam/tangerangekspres.id-

TANGERANG.ID - Dinas Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Provinsi Banten menargetkan setidaknya ada 400 Koperasi yang sudah bankable atau memenuhi persyaratan untuk mengakses produk-produk keuangan yang disediakan oleh perbankan.

Kepala Dinkop UKM Provinsi Banten, Agus Mintono mengatakan, bahwa tahun ini pihaknya menargetkan Koperasi yang ada di Banten sudah bankable, paling tidak memenuhi syarat untuk memperoleh pinjaman di bank. 

"Tahun ini target kita bisa menangani dan membina 400 koperasi yang bisa memperoleh pinjaman dari bank,l," katanya, Minggu (14/1/2024).

Ia menjelaskan, permasalahan koperasi cukup kompleks, jauh sebelum koperasi menuju bankable, banyak koperasi yang tidak aktif. Bahkan dalam catatannya pada November 2023, hampir 50 persen koperasi binaan atau 250 koperasi tidak aktif.

Lebih lanjut, dari ratusan koperasi yang tidak aktif itu, paling banyak disebabkan karena mereka tidak menggelar rapat akhir tahun (RAT). Padahal, RAT adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh koperasi. 

Selain RAT, penyebab koperasi tidak aktif di Provinsi Banten yaitu karena koperasi tidak melaksanakan rencana yang sudah disusun. Padahal, mereka sudah melakukan RAT. 

"Karena tidak melaksanakan apa yang sudah direncanakan, ibaratnya hanya RAT formalitas, jadi dianggap sebagai koperasi tidak aktif," ujarnya.

Maka dari itu, tahun ini pihaknya akan berupaya untuk terus membina koperasi yang ada di Banten, bahkan lebih jauhnya bisa mengakses produk keuangan dari perbankan.

"Mudah-mudahan apa yang ditargetkan tahun ini bisa tercapai," (*)

 

 

 

 

Sumber: