Tips Bersepeda yang Baik dan Benar

Tips Bersepeda yang Baik dan Benar

Muhamad Ari Atlet sepeda Kota Tangerang -Devy Zuraidah-

TANGERANGEKSPRES.DISWAY.ID – Bersepeda adalah salah satu kegiatan olahraga yang sangat menyenangkan bagi penghoby nya. menggunakan salah satu alat transportasi darat yang ramah lingkungan dan menghemat BBM.

Adalah Muhamad Ari Atlet sepeda Kota Tangerang yang saya wawancara di sela-sela gowes pagi. Di stadion benteng reborn . Ia latihan 6 x seminggu. Dengan jarak tempuh 50 km perhari nya.

Berbagai macam race dan perlombaan sepeda tingkat propinsi telah ia ikuti. Pun lintasan telah ia jalani dari jalur perbukitan dengan medan yang terjal atau sekedar berkeliling kota . Seputaran Lippo Alsut, Mozia dan Bintaro loop.

Di weekend Ari juga sering bergabung dengan banyak komunitas sepeda Fedtang. Godam. Moke bike park dll.

Menurut Ari Penting untuk Para goweser agar tidak cepat lelah dalam bersepeda selain makan yg cukup gizi. Hindari gorengan juga posisi beresepeda yang baik sangat menentukan berapa lama kita bersepeda. Berikut beberapa tips bersepeda yang baik & benar untuk pemula.

1 Posisi Kepala
Sejajar dengan arah. Punggung belakang. Leher relax. Arahkan pandangan ke depan fokus pada lintasan .

2. Gunakan kostum bersepeda yg nyaman.Akan mempengaruhi teman2 bermanuver dalam mengendarai sepeda. Juga
Wajib menggunakan Helm. Sarung tangan. Kacamata hitam dan membawa botol air mineral.

3. Cukup istirahat dan sarapan sebelum bersepeda. Tentunya dengan porsi yang tidak berlebihan.

4. Jarak tempuh untuk teman teman pemula yang sudah berusia 40 tahun ke atas. Cukup 20 atau 25 km per hari. Dengan kecepatan 15/20 km /jam sesuaikan kemampuan anda. Jangan terlalu memaksa ikut teman2 yang gowes jauh. Kita harus pandai mengetahui kemapuan diri kita dalam bersepeda.

5. Utamakan keselamatan. Jangan karena gengsi kita malu untuk istirahat bila sudah lelah.

Ari berharap mengikuti race international yang akan datang. Dengan cukup latihan dan konsisten. Cita cita menjd pesepeda internasional akan terwujud. (*)

Reporter : Devy Zuraidah

Sumber: