BPJamsostek Cikokol Resmikan House Warming

BPJamsostek Cikokol Resmikan House Warming

TANGERANGEKSPRES.CO ID - BPJS Ketenagakerjaan meresmikan house warming yang merupakan wajah baru di kantor cabang Tangerang Cikokol, Kamis (26/1). Hadir dalam acara tersebut, Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Roswita Nilakurnia, Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Banten, Yasaruddin, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cikokol Ishak dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, Ujang Hendra yang mewakili Walikota Tangerang serta Ketua DPK Apindo Kota Tangerang Ismail. Direktur Pelayanan BPJamsostek, Roswita mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan terus konsisten memberikan pelayanan terbaik. Pihaknya meluncurkan house warming sebagai upaya peningkatan pelayanan yang dapat dimanfaatkan oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan khususnya warga Kota Tangerang dapat merasakan perubahan yang telah dilakukan BPJS Ketenagakerjaan. “Kami ingin memberikan experience terbaik bagi para peserta kami, improvement yang kami lakukan ini agar pekerja merasakan betul manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, tidak hanya display tempatnya saja, tetapi juga kapasitas people dan prosesnya,” kata Roswita dalam sambutannya. Dia menuturkan, saat ini layanan BPJS Ketenagakerjaan di seluruh kantor cabang hadir dengan mengusung konsep green design sebuah tampilan yang menyegarkan dan memberi kehangatan sekaligus ramah penyandang disabilitas. Dikatakannya, pihaknya telah mengimplementasi New Service Blueprint secara bertahap. Saat ini sudah mencapai 325 kantor cabang di seluruh Indonesia sejak bulan maret 2022. Menurutnya, perubahan yang dilakukan berfokus pada customer centris sesuai dengan kebutuhan para peserta BPJS Ketenagakerjaan yang menginginkan pelayanan yang modern, informatif dan mudah diakses. "Kita ingin memberikan pelayanan yang modern, informatif dan mudah diakses," ujarnya. Tidak hanya dari sektor fisik, kata Roswita, BPJS Ketenagakerjaan juga melakukan transformasi layanan dengan simplifikasi proses klaim melalui Jamsostek Mobile (JMO) yang berhasil memangkas proses klaim dari 5 hari menjadi hanya 15 menit. Selain itu terdapat juga layanan 24/7 yang siap melayani para peserta kapanpun membutuhkan informasi. Roswita menguraikan, aplikasi JMO dikembangkan dengan penambahan berbagai fitur yang dapat memenuhi kebutuhan peserta, di antaranya fitur manfaat layanan tambahan perumahan pekerja yang diperuntukan bagi pekerja yang membutuhkan fasilitas pembiayaan perumahan, fitur konsultasi untuk persiapan masa pensiun dan fitur alternatif penyediaan pinjaman konsumtif kepada peserta serta beragam fitur lain. "Dalam aplikasi JMO juga dilengkapi fitur promo, fitur streaming, fitur e-wallet, fitur top-up hingga fitur inclusive job center," sebutnya. Roswita mengajak seluruh pekerja khususnya di wilayah Tangerang untuk memastikan terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan agar pekerja dapat fokus bekerja untuk dirinya dan keluarga tanpa harus merasakan kecemasan akan risiko di dalam pekerjaan. “Pastikan diri kita memiliki perlindungan jaminan sosial, karena seluruh risiko dalam bekerja akan dialihkan ke BPJS Ketenagakerjaan, kami sudah siapkan layanan terbaik, pekerja dapat bekerja keras, dengan optimal, segala kecemasan akan hari tua akan perlindungan diri biar BPJS Ketenagakerjaan yang menanggung,” pungkasnya. Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Banten, Yasaruddin menambahkan, di wilayah Banten terdapat tiga Kantor Cabang yang sudah melakukan perubahan tampilan. "Saat ini di wilayah Banten, yang sudah melakukan perubahan tampilan ada tiga cabang yaitu Cabang Cikokol, Tangsel dan Serang Raya. Untuk Kantor Cabang yang lainnya saat ini sedang diproses," imbuhnya. Dia berharap dengan tampilan wajah baru pelayanan BPJS Ketenagakerjaan ini dapat meningkatkan performanya dalam memberikan layanan kepada masyarakat yang menjadi peserta BPJamsostek Hal senada dikatakan Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cikokol Ishak. Ia berharap dengan diresmikannya wajah baru layanan di kantor cabang Tangerang Cikokol dapat memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat. "Saat ini tampilan kantor kita mengusung konsep green design yang mana tampilannya semakin fresh dan hangat, sekaligus ramah penyandang disabilitas. Untuk itu dengan tampilan baru ini bisa memberikan manfaat bagi para peserta BPJamsostek," tandasnya. "Selain mengubah tampilan bangunan, kita juga sudah melakukan perubahan pada aplikasi JMO. Dimana saat ini melalui JMO sudah bisa melakukan klaim hanya dengan 15 menit saja," sambungnya. Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, Ujang Hendra mengapresiasi inisiatif BPJS Ketenagakerjaan yang saat ini semakin mendekatkan diri dengan para peserta lewat beragam inovasi layanan yang diberikan. Menurutnya hal itu sejalan dengan visi Kota Tangerang untuk memberikan pelayanan publik yang terbaik untuk masyarakat Kota Tangerang. “Adanya house warming ini pelayanannya dipermudah, pelayanannya diperbaharui dengan mengedepankan digitalisasi, sudah jelas berarti masyarakat sudah tidak perlu mengantri lagi, tidak perlu datang secara berbondong-bondong untuk mencari informasi, tetapi cukup dengan apa yang sudah dibuat dengan fitur fitur yang ada seperti JMO, bahkan ada yang 24 jam, dan kita Pemerintah Kota Tangerang siap berkolaborasi dengan satu data dan kita akan mencoba mempermudah bagaimana caranya kita bisa terkoneksi abtara JMO dan Tangerang Live,” papar Ujang. Dia menyebut, Pemkot Tangerang selama ini bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan sudah merasakan manfaatnya sudah sangat dirasakan oleh masyarakat, terutama pada program perlindungan untuk para pekerja rentan. “Pemerintah Kota Tangerang sudah mendaftarkan petugas RT/ RW, Marbot, Guru ngaji, dan manfaatnya sudah dangat dirasakan, kita terus bekerja sama untuk melindungi pekerja dan memastikan pekerja mendapatkan hak- hak dari menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” tutupnya.(raf)

Sumber: