Coca Cola Luncurkan Amatil X
Coca-Cola Amatil meluncurkan inisiatif corporate venture capital, Amatil X di Indonesia untuk membantu proses akselerasi start-up local dan membangun kapabilitas kewirausahaan karyawan. Peluncuran ini menunjukkan peran penting dari Indonesia, khususnya Jakarta sebagai salah satu pusat ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara dalam skala investasi dan jumlah start-up. Presiden Direktur Coca-Cola Amatil Indonesia (Amatil Indonesia) Kadir Gunduz mengatakan masuknya Amatil X di Indonesia merupakan momentum penting bagi perjalanan transformasi Amatil Indonesia. "Sejak awal beroperasi di Indonesia pada 1992, Amatil Indonesia terus berkomitmen untuk menggunakan sistem dan teknologi tercanggih di setiap fasilitas manufaktur kami," ujar Kadir. Sebagai salah satu perusahaan penjualan, manufaktur, dan distribusi minuman terbesar di Indonesia, Amatil Indonesia telah berinvestasi lebih dari USD 1,6 miliar untuk memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat Indonesia, termasuk dalam hal teknologi dan inisiatif pembangunan kapabilitas. “Dengan mendigitalisasi seluruh proses bisnis dan menyediakan berbagai program pelatihan terkini, kami ingin menjadi salah satu pemain terbaik untuk menggerakan ekosistem digital di Indonesia,” jelas Kadir. Amatil X kata Kadir bukan hanya tentang produk minuman atau bentuk kemasan terbaru. Amatil X tidak hanya meningkatkan keunggulan kompetitif melalui corporate venturing platform. Program ini juga akan membantu untuk mengidentifikasi dan bekerja sama dengan mitra start-up yang tepat untuk bisnis Amatil Indonesia. Pada April 2018, Amatil X resmi diluncurkan di Australia dan Selandia Baru. Inisiatif yang dijalankan termasuk investasi dana multi-juta dolar yang telah diberikan kepada dua start-up, meliputi: Doshii dan TabSquare. Amatil X akan mulai mencari mitra start-up di Indonesia yang mampu membantu prioritas bisnis Coca-Cola Amatil dalam hal on-demand delivery, optimisasi distribusi, analisa store, dan kemasan yang ramah lingkungan. Di Indonesia, Amatil X resmi beroperasi April dengan proyek awal bersama Coca-Cola Amatil Indonesia dan Digitaraya, sebuah penggerak program akselerator yang didukung oleh Google Developers Launchpad, untuk mendukung industri FMCG. Amatil X juga meresmikan program unggulannya, yaitu Amatil X Academy, sebuah inisiatif internal untuk membangun kapabilitas kewirausahaan yang didukung oleh venture studio & innovation group, BlueChilli. “Kami tidak hanya fokus terhadap teknologi, tetapi juga dalam mengembangkan kapabilitas karyawan kami,” jelas Kadir. Sementara, CEO BlueChilli Sebastien Eckersley-Maslin merasa bangga menjadi bagian dari perluasan kerja sama dengan Coca-Cola Amatil, hingga mencapai wilayah Asia Tenggara di tahun ini. “Sebagai bagian dari kemitraan ini, kami berkomitmen untuk membantu perusahaan-perusahaan terkemuka seperti Coca-Cola Amatil di seluruh dunia menggunakan metodologi lean start-up, sehingga mereka dapat beradaptasi dalam menghadapi tantangan, berinovasi dengan cepat, dan mensinergikan strategi bisnis untuk masa depan," tandas dia. (rep)
Sumber: