Ungkap Rasa Sukur, Warga Adat Cisitu Gelar Seren Taun Selama Sepekan

Senin 29-07-2024,15:42 WIB
Reporter : A. Fadilah
Editor : Aries Maulansyah

TANGERANGEKSPRES.ID - Ratusan masyarakat kasepuhan Cisitu, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak menggelar upacara Adat Seren Taun Cisitu 2024 bertempat di Bale Paseban Kasepuhan Cisitu, beberapa hari lalu. 

 

Upacara Adat Seren Taun merupakan upacara yang diselenggarakan setiap tahun, setelah panen padi, dalam rangka ungkapan rasa syukur masyarakat adat atas pencapaian hasil bumi yang diperoleh, serta permohonan berkah dan perlindungan Tuhan YME untuk musim berikutnya. .

 

Seren Taun Cisitu 2024 ini mengambil tema "Kahareup Ngala Sajeujeuh, Ka Tukang Ngala Salengkah". Acara diselenggarakan semarak oleh seluruh masyarakat adat kurang lebih 1 pekan, yang dimulai dari tanggal 22 hingga 29 Juli 2024.

 

Pemangku Adat Kesatuan Sesepuh Adat Cisitu Banten Kidul - Abah Yoyo Yohenda, dalam sambutannya menceritakan, perjuangan lembaga adat dalam mensejahterakan masyarakat yang selalu patuh terhadap aturan hukum yang benar. 

 

"Masyarakat adat Cisitu selalu konsisten dalam menjaga hutan selalu lestari dengan prinsip Hutan Lestari Rakyat Sejahtera. Abah juga mendo'akan agar masyarakat Kabupaten Lebak senantiasa diberikan kesejahteraan," kata Abah Yoyo Yohenda.

 

Sementara itu, Pj Bupati Lebak Iwan Kurniawan menyampaikan, apresiasi kepada Kasepuhan Cisitu, dalam menjaga dan melestarikan tradisi seren taun yang merupakan bukti nyata upaya masyarakat dalam mempertahankan identitas dan jati diri, sebagai bangsa yang kaya akan budaya di tengah perkembangan zaman saat ini. 

 

"Saya mengapresiasi upaya seren taun ini, karena sebagai langkah menjaga kelestarian adat dan budaya setempat," ujar Iwan.

 

Iwan Kurniawan berpesan kepada masyarakat adat, agar terus selalu bersinergi dalam pembangunan Kabupaten Lebak dalam rangka mensejahterakan masyarakat. 

Kategori :