Pembangunan Bundaran Maruga Terkendala Pembebasan Lahan

Minggu 07-07-2024,15:34 WIB
Reporter : Tri Budi
Editor : Sihara Pardede


TANGERANGEKSPRES.ID - Pemkot Tangsel awalnya menargetkan penataan kawasan bundaran Maruga Ciputat akan dimulai tahun ini. Namun, penataan tersebut belum dpaat dimulai meskipun saat ini sudah masuk pertengahan tahun.

Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Kontruksi (DSDABMBK) Kota Tangsel Robby Cahyadi mengatakan, awalnya penataan kawasan Bundaran Maruga akan dimulai tahun ini. Namun, rencana tersebut gagal lantaran terkendala beberapa hal.

"Salah satunya penyebab penataan kawasan Bundaran Maruga tidak bisa dilakukan tahun ini adalah pembebasa lahannya," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Minggu (7/7/2024).

Robby mengaku, pembebasan lahan memiliki tahapan-tahapannya, mulai dari vendor, BPPT membutuhkan waktu dan lainnya.

"Pembebasan lahan ini adalah bagian dari pelebaran dari Bundaran Maruga ke Jalan Serua TlRaya dan itu program Pemkot. Termasuk di bundarannya juga butuh lahan," tambahnya.

Robby mengaku, pihaknya menargetkan pembebasan lahan untuk panataan kawasan Bundaran Maruga akan selesai tahun ini. "Kalau untuk bundarannya tidak memerlukan lahan terlalu luas tapi, pembebasan lahan dari Bundaran Maruga sampai Jalan Serua Raya ini yang luas," jelasnya.

Menurutnya, lahan yang akan dibebaskan akan menggunakan anggaran dari DSDABMBK dan termasuk pihaknya yang akan membangunnnya.

"Anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan bundaran sekitar Rp30 miliar sampak Rp40 miliar. Kalau pembebasan lahan biayanya lebih mahal karena, prediksi awal harga lahan Rp10-15 juta per meter dan nanti tim appraisal turun," ungkapnya.

Robby mengungkapkan, pembebasan lahan saat ini baru tahapan pendataan dan lainnya. Nantinya, saat lembebasan dan ada yang tidak sepakat maka hal tersebut wajar. Ia mencontohkanan pembangun Jalan Bhayangkara di Serpong Utara, awalnya masyarakat menolak namun, kemudian mau menerimanya. "Pembebasan lahan kita targetkan selesai tahun ini selesai dan pembangunan dimulai tahun depan," tutupnya.

Diketahui, Pemkot Tangsel tahun lalu telah mengadakan sayembara desain penataan Bundaran Maruga dan sudah ada pemenangnya. Berdasarkan pemenang sayembara desain kawasan bundaran Maruga terdapat jembatan penyebrangan orang. (*)

Kategori :