Sambut Tahun Baru Islam, 3 Pemdes Kompak Gelar Pawai Obor dan Tabligh Akbar

Minggu 07-07-2024,15:32 WIB
Reporter : Zakky Adnan
Editor : Sihara Pardede

TANGERANGEKSPRES.ID - Menyambut pergantian Tahun Baru Islam 1446 Hijriah atau 2024 Masehi, Tiga Pemerintah Desa (Pemdes) berkolaborasi melaksanakan pawai obor dan tabligh akbar, Sabtu (6/7/2024), malam.

Kepala Desa (Kades) Sukaharja Mus Mulyadi menjelaskan, acara pergantian Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah atau 2024 Masehi ini, hasil kolaborasi 3 Pemdes meliputi, Pemerintah Desa Sukaharja, Pemerintah Desa Sindang Panon (Kecamatan Sindang Jaya) dan Pemerintah Desa Pasar Kemis (Kecamatan Pasar Kemis).

"Kami sudah 2 tahun kolaborasi dari tahun ke tahun. Jadi, setiap desa engga nyelenggarain masing-masing, supaya ramai dan tidak berbentrokan jadwal," jelasnya, Minggu (7/7/2024).

Mus Mulyadi mengatakan, acara untuk menyambut pergantian tahun baru Islam ini, bertujuan untuk melestarikan tradisi penyambutan tahun baru Islam, agar tidak hilang.

"Biar masyarakat bisa merayakan tahun baru Islam, bukan tahun baru masehi saja" ujarnya.

Mus Mulyadi menjelaskan, dalam perayaan pergantian tahun baru Islam dilaksanakan pawai obor dengan rute dari Lapangan Oktober ke pertigaan jalan Waru Amal Jariah, lalu ke Kebeng, dari Kebeng ke Pasar Kemis, kemudian menuju Lapangan Oktober lagi.

"Di panggung utama, diisi dengan sambutan-sambutan. Pemberian piala juara musbaqah tilawatil quran (MTQ) dan tausiah dari pak kiai," imbuhnya.

Acara tersebut dihadiri Camat Sindang Jaya Galih Prakosa, Ketua MUI Kecamatan Sindang Jaya, tokoh agama, kepala dusun, ketua RW, ketua RT, lembaga kemasyarakatan desa (LKD) dan Ketua DKM wilayah Desa Sukaharja. Dalam rangkaian acara tersebut, juga menghadirkan artis Ginanjar 4 Sekawan dan Daus Mini. (*)

Kategori :