73 Kontingen se Pulau Jawa Ikut Kejuaraan Pencak Silat di UIN Banten

Minggu 07-07-2024,15:30 WIB
Reporter : Syirojul Umam
Editor : Sihara Pardede


TANGERANGEKSPRES.ID - Sebanyak 825 peserta dari 73 kontingen se Pulau Jawa mengikuti Kejuaraan Pencak Silat Maulana Hasanuddin Championship (MHC) di UIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten.

Kejuaraan Pencak Silat itu diselenggarakan dalam rangka milad ke-30 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tapak Suci UIN SMH Banten, dan dibuka langsung oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Hidayatullah, pada Sabtu (6/7/2024).

Ketua Pelaksana UKM Tapak Suci, Rafli mengatakan, kegiatan yang pertama kali dilaksanakan ini merupakan ajang pencarian bakat muda dalam membentuk karakter tangguh, yang siap mengharumkan nama Banten dalam kompetisi yang lebih besar.

Dia mengatakan pencak silat merupakan warisan budaya dari para orang tua terdahulu yang mana saat ini eksistensinya sudah sampai ke negara-negara lain.

"Oleh karena itu saat ini tugas kita lah sebagai pelestari dan penjaganya agar tidak hilang dan tetap eksis," ungkapnya.

Dia berkomitmen akan memberikan yang terbaik dalam segala pelayanan pada kejuaraan ini.

Sementara itu, Wakil Rektor III, Hidayatullah mengapresisasi kegiatan yang diinisiasi oleh UKM Tapak Suci, kegiatan itu merupakan rangkaian kegiatan MHC yang dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memperebutkan piala rektor.

"Kegiatan MHC kita laksanakan tiap tahun tapi untuk bidang pencak silat baru pertama kali dilaksananakan," ungkapnya.

Dia berharap kegiatan ini mampu melahirkan atlit-atlit muda berprestasi yang siap diikutsertakan pada kejuaraan tingkat nasional.

"Saya berharap para atlit yang mengikuti kegiatan ini terutama yang menjuarai kegiatan bisa melanjutkan kuliahnya di UIN Banten yang nantinya akan kita siapkan beasiswa kuliah disini," ungkapnya.

Kegaiatan yang dibuka dengan pemukulan gong ini dihadiri Ketua 1 Pengurus Besar IPSI H. M. Siddiq, Ketua IPSI Banten Ajat Sudrajat, Ketua IPSI Kota Serang Teguh Ista'al serta Ketua IKA UKM Tapak Suci Eri Fahrudin. (*)

Tags :
Kategori :

Terkait