22.734 Wisatawan Kunjungi Wisata Religi

Jumat 19-04-2024,14:14 WIB
Reporter : Agung Gumelar
Editor : Andi Suhandi

TANGERANGEKSPRES.ID - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang mencatat, selama libur hari raya Idul Fitri 2024 terdapat 22.734 wisatawan dari berbagai daerah berkunjung ke wisata religi.

 

Ada empat wisata religi yang diminati wisatawan, yaitu Gunung Santri di Kecamatan Bojonegara, Nyimas Carik di Kecamatan Waringinkurung, Museum Bait Ilmi Syech Nawawi Al Bantani di Kecamatan Tanara dan Makom Sultan Ageng Tirtayasa di Kecamatan Tirtayasa.

 

Kepala Bidang Peningkatan Daya Tarik Destinasi Pariwisata pada Disporapar Kabupaten Serang Dito C Wirastyo mengatakan, wisatawan yang berkunjung ke wisata religi sejak Rabu 10 April sampai Senin 15 April 2024 dengan total keseluruhan sebanyak 22.734 wisatawan.

 

Adapun rinciannya, Gunung Santri Kecamatan Bojonegara 13.619 wisatawan, Nyi Mas Carik Kecamatan Waringinkurung 6.450 wisatawan, Museum Bait Ilmi Syech Nawawi Al Bantani Kecamatan Tanara 625 wisatawan, dan Makom Sultan Ageng Tirtayasa Kecamatan Tirtayasa 2.040 wisatawan.

 

"Paling banyak wisatawan yang datang itu ke Gunung Santri Kecamatan Bojonegara, dilanjut ke Nyi Mas Carik Kecamatan Waringinkurung. Kami mendata keempat wisata religi itu, karena paling banyak diminati wisatawan," katanya kepada wartawan kemarin di ruang kerjanya, Jumat 19 April 2024.

 

Dito mengatakan, wisatawan yang datang ke wisata religi itu mereka yang melakukan ziarah, sekaligus biasanya sembari makan bersama dengan sanak saudara.

 

Disisi lain, terdapat juga atraksi budaya untuk menunjang daya tarik wisatawan supaya datang ke wisata religi.

 

"Jadi, selain ziarah mereka dapat menikmati atraksi budaya khas Kabupaten Serang, serta banyak juga jajanan UMKM Kabupaten Serang dalam rangka menunjang daya tarik wisatawan," ujarnya.

Kategori :