Pastikan Bus Layak Jalan, Dishub Tangsel Lakukan Ramp Check

Senin 18-03-2024,15:05 WIB
Reporter : Tri Budi
Editor : Sutanto

TANGERANGEKSPRES.ID - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangsel mengadakan serangkaian pemeriksaan (ramp check) terhadap sejumlah bus di Terminal Pondok Cabe, Pamulang.

 

Bus yang diperiksa tersebut akan digunakan sebagai angkutan bagi masyarakat untuk mudik pada momen Lebaran 2024.

 

Kepala Seksi Pemeliharaan pada Dishub Kota Tangsel Fiqa Pramana mengatakan, pihaknya bersama Badan Pengembangan Transportasi Jalan (BPTJ) melakukan ramp check atau inspeksi keselamatan terhadap kendaraan yang akan digunakan oleh pemudik untuk mudik ke kampung halaman.

 

"Ramp check ini kita lakukan sejak 13 sampai 28 Maret mendatang," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Senin (18/3/2024).

 

Fiqa mengatakan, ramp check merupakan kegiatan rutin yang dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan keselamatan, khususnya bagi kendaraan umum yang sering digunakan oleh masyarakat untuk mudik ke kampung halaman.

 

"Untuk meningkatkan dan mewujudkan keselamatan berkendaraan. Kegiatan ini merupakan rutinitas setiap setahun sekali menjelang mudik lebaran," paparnya.

 

Menurut dia, setiap kendaraan diperiksa satu per satu mulai dari kelengkapan teknis hingga kelengkapan secara administrasi. Selain itu, objek pemeriksaan lebih detail seperti sistem alat kemudi, sistem penerangan, dan fasilitas tanggap darurat.

 

Juga termasuk memeriksa perlengkapan kendaraan bermotor, badan kendaraan beserta komponen pendukung sampai kelengkapan syarat pengemudi. Yang tidak kalah penting adalah memeriksa masa berlaku buku uji KIR.

 

"Kalau semua komponen pemeriksaan sudah terpenuhi, maka kendaraan akan mendapat predikat lulus kelayakan dan mendapatkan stiker kelayakan," ucapnya.

 

Fiqa mengaku, bila terdapat bus yang tidak lolos pemeriksaan ini, pihaknya akan melarang armada tersebut beroperasi. Pengelola bus diharapkan melengkapi atau memperbaiki bagian bus yang tidak lolos pemeriksaan tersebut.

 

"Kita tidak bisa main-main dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku, pasalnya bus ini kan membawa nyawa. Jadi bus harus dalam kondisi prima dan layak jalan," tuturnya.

 

Hanya saja, Fiqa mengaku setelah beberapa hari ramp check, pihaknya hanya menemukan beberapa permasalahan. Misalnya, pengemudi bus malas menggunakan sabuk keselamatan.

 

"Ada juga lampu mundur diganti atau dimodifikasi. Ini tidak boleh dan harus diganti dengan lampu yang standar," ungkapnya.

 

Selain di Terminal Pondok Cabe, pihaknya nantinya juga akan melakukan ramp check kendaraan di beberap pul bus yang ada di Kota Tangsel.

"Di wilayah Ciputat kan banyak agen atau pul bus, mereka juga akan kita periksa," tuturnya. (*)

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler