Kinerja PT Sekar Laut Tbk sepanjang 2016 cukup memuaskan. Perseroan berhasil meningkatkan penjualan hingga 11,8 persen. Direktur PT Sekar Laut Tbk John C. Gozal menyatakan, capaian tersebut didapat dengan fokus produk yang dikaitkan dengan pangsa pasar dalam negeri. Pada 2016 Sekar Laut mencetak penjualan bersih Rp 833 miliar. Total produksi mencapai pertumbuhan penjualan 11 persen atau 17.500 ton, meningkat dari 15.750 ton pada 2015.
Dia mengungkapkan, kontribusi penjualan pada 2016 paling besar adalah produk kerupuk Rp 253 miliar. Adapun kontribusi penjualan saos dan sambal Rp 146 miliar. Sementara itu, kontribusi penjualan produk roti Rp 37 miliar. ’’Target penjualan tahun ini Rp 1 triliun. Pertumbuhan penjualan Sekar Laut ditargetkan mencapai 15–20 persen atau sekitar 21 ribu ton,’’ ujarnya setelah acara Public Expose PT Sekar Laut Tbk di Surabaya kemarin.
Pihaknya membagikan dividen Rp 3,1 miliar atau sejumlah Rp 5 per lembar saham dari laba bersih 2016 yang mencapai Rp 20,6 miliar kepada para pemegang saham. John menjelaskan, pada 2017 sampai dengan akhir Maret, penjualan Sekar Laut mencapai Rp 211 miliar. ’’Ini kalau dibandingkan periode yang sama tahun lalu ada peningkatan 7 persen. Labanya Rp 3,1 miliar untuk periode kuartal I ini,’’ ungkapnya. Presiden Direktur PT Sekar Laut Tbk Harry Sunogo menyatakan, selama ini pasar ekspor Sekar Laut hampir 60 persen. (car/c15/sof)